DPTb II Ditetapkan, Ada 834.397 Pemilih di Lumajang

Rapat Pleno KPU Lumajang. (*)
Lumajang, Motim - Rekapitulasi Pemilih Tambahan (DPTb) Tahap II sudah dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang dalam Rapat Plano Terbuka, Selasa (19/3) lalu. Kemudian ditetapkan, ada 834.397 pemilih di Lumajang pada Pemilihan Umum (Pemilu) mendatang.

Hasil rekapitulasi DPTb tersebut, ada 1.913 pemilih tambahan di Lumajang. Serta ada 2.569 pemilih yang keluar Lumajang. Artinya lebih banyak pemilih asal Lumajang yang akan menyampaikan hak suaranya diluar kota.

Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Lumajang, Syamsul mengatakan, bahwa perjalanan mengelola data Pemilu Serentak 2019 ini sangat panjang. “Mulai DPT, DPTHP itu sampai tiga kali penetapan. DPTb-nya juga 2 kali penetapan,” ujarnya.

Apa yang dilakukan oleh KPU ini, sudah sesuai yang diintruksikan oleh pusat. “Jadi tahapan ini memang sangat panjang. Kita sebagai penyelenggara tidak akan bosan melakukan semua instruksi dan rekomendasi dari kawan-kawan Bawaslu dan peserta Pemilu,” tambah Syamsul.

Ketua KPU Lumajang Siti Mudawiyah, mengimbau agar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terus bekerja profesional dalam mengolah data pemilih Pemilu 2019. “Memang, pengelolaan data pemilih bagi pihak penyelenggara, khususnya PPK, tidak ada hentinya,” ucapnya.

Mudawiyah menyebutkan bahwa KPU Lumajang sering mendapatkan rekomendasi khususnya dari Bawaslu dan peserta Pemilu. “Rekomendasi ini berguna untuk peningkatan kevalidan data. Sehingga apapun rekomendasinya, kita laksanakan,” tambahnya. (fit)