Jalur Buka-Tutup, Longsor Susulan Masih Terjadi

Lumajang, Motim - Proses pembersihan material longsoran masih terus dilakukan oleh petugas gabungan di jalur Piket Nol Kilometer 57. Longsor susulan berskala kecil juga masih terus terjadi. Namun pada, Minggu (24/3) sore, jalur sudah bisa dilalui, namun dengan sistim buka tutup.
Kondisi jalur Piket Nol kilometer 57
Kondisi jalur Piket Nol kilometer 57
“Masih sering terjadi longsoran susulan dengan skala kecil,” kata Pelaksana Tugas Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Wawan Hadi Siswoyo.

Dengan kondisi seperti ini petugas yang bekerja terus menjalankan tugasnya dengan hati-hati. Mereka terus berupaya membersihkan material dengan alat berat.

“Sebelumnya juga terdapat batu yang sangat besar yang sulit dipindahkan dari bahu jalan sehingga akses sempat tertutup sebagian. Kemudian juga ada batu besar yang kembali runtuh,” ucapnya.

Hingga saat ini, penanganan dan pembersihan material longsoran sudah mencapai 80 persen. “Meski akses jalan sudah bisa dilalui untuk kendaraan dengan sistem buka tutup, pengendara tetap dihimbau untuk hati-hati, utamakan faktor keselamatan,” kata Wawan. (fit)