Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB Lumajang yang beralamatkan di jalan Alun-Alun Timur Lumajang, mengalami over kapasitas. Bahkan, kelebihannya hingga beberapa kali lipat dari idealnya.

Kabid pembinaan, Martono
Kabid pembinaan, Martono
Kepala seksi pembinaan anak didik Lapas kelas IIB Lumajang, Martono kepada Memo Timur menuturkan, memang Lapas Lumajang saat ini mengalami over kapasitas. Idealnya, Lapas kelas IIB Lumajang dihuni 162 orang saja. Tetapi, yang terjadi saat ini Lapas Lumajang dihuni 622 orang.

Rinciannya 472 narapidana umum, sisanya 150 narapidana narkoba. Dari sekian narapidana itu adalah warga Lumajang juga warga luar Lumajang seperti dari Pasuruan, Malang juga Surabaya.

“Penghuni Lapas Lumajang sejak beberapa bulan terakhir ini terjadi peningkatan 4 kali lipat Mas,” katanya.

Supaya situasi Lapas Lumajang tetap tertib aman dan kondusif, masing-masing kamar hunian yang semula hanya ditempati 10 orang, semenjak over kapasitas itu terjadi setiap kamar ditempati antara 20 sampai dengan 30 orang.

“Ya sedikit berdesak-desakan. Alhamdulillah, meski begitu situasi dan kondisi Lapas Lumajang tetap tertib, aman dan kondusif,” ujarnya.

Lanjut Martono, untuk mengantisipasi barang atau benda terlarang masuk ke dalam Lapas, pihaknya meningkatkan pengawasan. Semua pembesuk diperiksa oleh petugas jaga termasuk barang bawaannya.

“Lapas Lumajang tak mau kecolongan dengan hal-hal seperti itu, makanya pengawasan terus ditingkatkan sebagai upaya antisipasi,” tegas Martono (cho)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: