Longsor Masih Mengancam Lumajang

Lumajang, Motim - Bencana longsor masih mengancam kawasan Lumajang saat cuaca buruk belakangan ini. Dalam tiga hari terkahir, sudah ada bencana serupa yang terjadi tiap hari. Terbaru, longsor menerjang kawasan Piket Nol, Rabu (20/3) siang.
Longsor kembali terjadi di Piket Nol
Longsor kembali terjadi di Piket Nol
Laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, longsor itu terjadi sekitar pukul 01.00 WIB. Longsoran tebing itu terjadi di titik kilomter 57, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

Meksi material longsor tidak menutup jalan penuh, namun peristiwa ini sempat menganggu arus lintas Lumajang-Malang. Petugas dari BPBD, Koramil, relawan, dan warga setempat segera berada di lokasi untuk membersihkan material longsoran itu.

“Material longsor berupa tanah dan batu,” kata Pelaksana Tugas Sekretaris BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo pada Memo Timur.

Setelah bersama-sama melakukan kerja bakti untuk membersihkan material longsor, akhirnya jalan bisa kembali bersih. “Arus lalu lintas Lumajang-Malang lewat piket nol pun kembali lancar,” tutur Wawan.

Sebelumnya, cuaca ekstrim terjadi Senin (18/3), sore juga di Jalur Piket Nol di kilometer 57. Kemudian Selasa (19/3) siang kembali terjadi longsor di Jalur Desa Ranu Pani Kecamatan Senduro. Namun beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. (fit)