Material Longsor Belum Bersih, Roda 4 Tidak Bisa Melintas

Lumajang, Motim - Pembersihan material longsor di Jalur Piket Nol Kilometer 57 belum selesai. Petugas gabungan dan relawan terus melakukan pembersihan. Hingga Jumat (22/3) siang, terlihat masih sekitar separuh material yang berhasil dibersihkan di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro itu.
Kendaraan roda dua melintasi lokasi longsor
Kendaraan roda dua melintasi lokasi longsor
Longsoran tebing pada Kamis (21/3), dini hari ini pun membuat arus lalu lintas sempat terputus total. Roda dua maupun empat atau lebih tidak bisa melintas. Namun ketika petugas dan alat berat berhasil menyingkirkan sebagian material, roda dua akhirnya bisa melintas.

“Akses untuk roda 4 masih tertutup total, sedangkan roda dua dapat melintas apabila kedua alat berat sedang beristirahat untuk operasi pengerjaan,” kata Pelaksana Tugas Sekretrais Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo.

Seperti diketahui, dalam proses pembersihan material longsor ini harus menerjunkan 4 alat berat. Karena terlalu banyak material longsor yang harus dibersihkan. Bahkan bukan hanya berupa tanah, namun juga bebatuan dan pohon.

“Banyak pengendara roda dua yang melintas namun sudah dihimbau untuk lebih berhati hati dan waspada serta mengikuti petunjuk pemandu jalan,” ungkapnya.

Namun tak sedikit ada roda empat atau lebih yang terlanjur masuk ke jalur piket nol. Baik dari arah Malang atau Lumajang. Alasannya karena tidak membaca pemberitahuan. “Kita sudah menghimbau untuk menggunakan jalur alternatif lain,” terangnya.

Petugas pun sudah memasang rambu-rambu atau papan informasi jika jalur piket nol masih belum bisa dilalui oleh roda empat atau lebih. Baik itu dari arah Malang maupun dari Lumajang. (fit)