Musrenbang: Komunitas dan Pelaku Seni Ikut Dilibatkan

Musrenbang Lumajang. (*) 
Lumajang, Motim - Pemerintah Kabupaten Lumajang menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2020, Kamis (21/3) di Gedug Sujono. Ada banyak perbedaan dalam pelaksanaan Musrenbang kali ini. Diantaranya, berbagai komunitas dan pelaku seni yang banyak dilibatkan.

Bahkan konsep Musrenbang juga sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena tidak seperti biasanya, konsep pentas seni dipakai dalam Musrenbang tersebut. Sehingga menghilangkan kesan formal.

“Kita menggandeng pegiat seni, supaya memberikan inspirasi,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lumajang Ir. Nugroho Dwi Atmoko. Di sela-sela pemaparan Musrenbang itu, juga ada pertujukkan seni dari para seniman asli Lumajang.

Kemudian para komunitas sengaja digandeng, untuk agar mereka juga bisa memberikan masukan pada Pemkab Lumajang. “Kita beri kesampatan pada komunitas, sehingga bisa memberikan kontribusi bagi Lumajang,” ucapnya.

Nugroho menjelaskan, ini merupakan Musrenbang kali kedua di kepemimpinan Bupati dan Wakil bupati Thoriqul Haq – Indah Amperawati. Musrenbang 2020 ini sudah menggunakan sistem online, E-Musrenbang.

“Jadi untuk 2020, tema kita peningkatan penyelenggaraan pemerintahan dan pemenuhan pelayanan dasar,” jelasnya.

Tema ini diambil, lanjutnya, karena kunci utama dari keberhasilan pemerintahan adalah ketika kehadiran pemerintah dirasakan oleh masyarakat. “Contohnya persalinan gratis, pendidikan gratis. Ini bisa dirasakan betul oleh masyarakat,” ujarnya. (fit)