PAD 2019 Diperkirakan Capai Rp 310 Miliar

Lumajang, Motim - Proyeksi PAD (Pendapatan Asli Daerah) di Lumajang pada tahun ini diperkirakan lebih besar dari tahun sebelumnya. BPRD (Badan Pajak dan Retribusi Daerah) memperkirakan pada 2019, PAD yang didapat mencapai Rp 310 miliar.
Indah melunasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)
Indah melunasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)
Pelaksana Tugas BPRD Lumajang, Hari Susianti menegaskan, sedangkan untuk target PAD yang dipasang oleh Pemkab adalah Rp 100 miliar. Artinya PAD yang terkumpulkan bisa mencapai 3 kali lipat dari target.

Untuk dapat mencapai angka tersebut, BPRD telah melakukan sejumlah langkah. Diantaranya pengambilan pajak secara intensif, melakukan pendataan objek pajak, pelayanan keliling di semua wilayah.

Untuk pelayanan keliling bekerjasama dengan Bank Jatim. Kemudian juga diselenggarakan Program Bulan Panutan, sosialisasi, serta edukasi kepada masyarakat. Seperti Sosialisasi Gerakan Lunas Dan Pencanangan Bulan Panutan Pembayaran PBB-P2, Senin (18/3).

“Sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang intensifikasi pemungutan pajak daerah serta meningkatkan penerimaan PAD dari sektor pajak daerah,” katanya dalam acara yang digelar di Gedung Sudjono itu.

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati yang datang pada acara itu, memberikan contoh pada masyarakat. Agar segera meluansi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Ia mengatakan, sudah seharusnya aparatur Pemerintah memberikan contoh kepada masyarakat dalam pelunasan pajak.

“Saya dan panjenengan semua adalah panutan masyarakat untuk membayar pajak PBB,” tandasnya. (fit)