Pengunjung Rutan Jalani Pemeriksaan 2 kali

Lumajang, Motim - Polres Lumajang memperketat pengawasan dan pemeriksaan terhadap pengunjung yang akan membesuk keluarga maupun kerabatnya. Hal ini sengaja dilakukan sebagai bentuk antisipasi barang atau benda terlarang masuk ke rumah tahanan (Rutan) yang bisa menyebabkan terjadinya tahanan kabur.
Pengunjung saat diperiksa petugas jaga
Pengunjung saat diperiksa petugas jaga
Kasat Sabhara Polres Lumajang, AKP Jauhar Ma’arif ketika dikonfirmasi Memo Timur menyampaikan, semua pengunjung rutan Polres Lumajang akan diperiksa oleh anggota Sat Sabhara yang berjaga di pintu masuk. Termasuk barang bawaannya juga diperiksa.

Selain antisipasi barang atau benda terlarang masuk ke rumah tahanan, juga sebagai bentuk tanggungjawab memastikan barang yang dibawa para pembesuk itu aman. “Apa yang kami lakukan sesuai SOP. Peraturan ini diterapkan juga antisipasi ada tahanan kabur gara-gara ada benda atau barang terlarang masuk ke dalam Rutan Mas,” ungkap Kasat Sabhara.

Pembesuk yang akan menemui keluarga atau kerebatnya di rutan, terlebih dahulu mendaftar ke petugas jaga yang siaga di pos masuk. Setelah diperiksa, pengunjung masuk ke rutan. Namun, sebelum masuk ke rutan, pengunjung berikut barang bawaannya diperiksa lagi oleh petugas jaga pintu rutan.

Alhamdulillah, selama ini tidak ditemukan pengunjung rutan kedapatan membawa barang atau benda terlarang masuk ke dalam rutan Polres Lumajang. “Kami perintahkan anggota untuk teliti dalam memeriksa pengunjung maupun barang bawaannya,” pungkas Johar Ma’arif.(cho)