Pocil Diharapkan jadi Generasi Disiplin

Lumajang, Motim - Polisi Cilik (Pocil) Lumajang 2019 resmi dilantik di GOR Wira Bhakti, Kamis (28/3), pagi. Bupati Thoriqul Haq menegaskan, pocil ini diharapkan dapat menjadi generasi yang menjaga kedisiplinan, kesetiaan dan kekompakan, sehingga menjadi generasi muda yang tangguh.
Pelantikan Pocil Lumajang
Pelantikan Pocil Lumajang
Bupati juga berterimakasih kepada Kapolres Lumajang, AKBP M. Arsal Sahban, karena Polres telah melakukan seleksi secara ketat kepada mereka. Diharapkan dapat memberi semangat baru terhadap generasi angkatan pocil berikutnya.

“Saya berharap adanya pocil ini, akan menjadi motivasi buat angkatan seterusnya,” ujarnya.

Thoriq mengatakan bahwa pendidikan karakter anak dapat dimulai sejak dini, melalui pendidikan dan pembinaan yang bersifat atraktif. Salah satunya melalui cara yang diterapkan pada pocil ini.

“Pendidikan karakter anak tidak hanya dilakukan sebatas fisik dan baris berbaris saja, namun bisa menggali potensi anak dengan mencakup ilmu pengetahuan, ketaqwaan, kepribadian, kedisiplinan, seni, etika dan juga moral,” katanya.

Ia juga mengapresiasi keberadaan pocil dan berharap dapat menjadi pelopor penerus bangsa yang sehat, cerdas dan anti narkoba menuju Lumajang yang hebat dan bermartabat. “Semoga Pocil Kabupaten Lumajang dapat tampil di tingkat Provinsi dan Nasional,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Lumajang menyampaikan, bahwa jumlah polisi cilik yang dilantik dan dikukuhkan berjumlah 31 anggota. Mereka melalui proses ketat, karena sebelumnya ada 200 murid yang terdaftar dari SD/MI Swasta/Negeri se-Kabupaten Lumajang.

“Polisi Cilik ini merupakan pendidikan dalam pembentukan karakter anak di usia dini,” katanya. Dia juga menyampaikan, pocil yang telah dilantik itu diharapkan nantinya akan bertugas sebagai duta polisi di Lumajang. (fit)