Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Proses sortir belum selesai, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang telah menemukan 400 lebih surat suara yang rusak. Proses sortir dan lipat oleh ratusan tenaga lepas ini, akan dilakukan hingga, Rabu (13/3).

Proses sortir dan pelipatan di gudang logistik
Proses sortir dan pelipatan di gudang logistik
Ketua KPU Lumajang, Siti Mudawiyah menyampaikan, 400 lebih surat suara rusak itu, merata untuk semua jenis pemilihan. Mulai dari Pemilihan DPRD Kabupaten, Provinsi, Pusat, Presiden, dan yang belum selesai adalah DPD.

Namun Mudawiyah enggan menyebut, rincian jumlah kerusakan per jenis surat suara. Karena, masih belum menyelesaikan untuk yang DPD. Karena baru saja datang di gudang logistik. Saat ini, pihaknya menyelesaikan sortir dan lipat untuk surat suara DPD itu.

“Nunggu yang DPD selesai disortir juga,” katanya pada wartawan, Selasa (12/3).

Mudawiyah menjelaskan, surat suara yang rusak itu, diataranya hasil cetakan yang tidak bagus serta ada kertas yang sobek. “Seperti cetakan tipis, ada gradasi warna yang tidak sesuai. Ada yang sobek dan kertasnya kelebihan ukuran dari seharusnya,” jelasnya saat ditemui di kantornya.

Setelah itu selesai, baru akan ditotal keseluruhan surat suara yang rusak. Kemudian dibuat laporannya, untuk diserahkan pada percetakan pemenang tender. “Nanti dibuat berita acaranya,” ujarnya.

Nanti pihak percetakan akan mengganti surat suara yang rusak itu. Ditambah dengan surat suara cadangan. “Termasuk tambahan 2 persen surat suara, per TPS (Tempat Pemungutan Suara),” pungkasnya.

Proses pelipatan dan sortir tersebut dilakukan di gudang logistik yang disewa di komplek Amanda. Ada sekitar 400 tenaga lepas yang dikerahkan. Termasuk diantaranya ada tenaga dari kaum disabilitas. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: