Ratusan Koi Terbaik Indonesia Diikutkan dalam Festival Koi Lumajang

Festival Koi Lumajang. (*)
Lumajang, Motim - Komunitas pecinta ikan koi menggelar Festival Koi Lumajang (FKL) 2019. Ajang berskala nasional ini digelar di  Gedung Golkar, Jl Veteran.

Acara ini berlangsung pada 8 sampai 10 Maret 2019. Festival ini merupakan yang pertama kalinya di Lumajang. Walaupun begitu, peserta yang berpartisipasi membludak.

Tercatat ada 427 peserta pemilik koi terbaik, yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia. Diantaranya, selain Lumajang, ada dari Tasikmalaya, Bali, Banyuwangi, bahkan Kalimantan.

Roni Angga Saputra, selaku panitia mengatakan, salahsatu tujuan acara ini untuk Mendongkrak perekonomian Lumajang. Melalui bisnis per-koian atau ikan hias.

"Ikan koi ini punya potensi besar, apalagi jika sampai menang, champion. Bisa bernilai miliaran rupiah per ekornya," imbuhnya

Salah satu peserta asal Tasikmalaya, Deni mengatakan, butuh waktu seminggu untuk persiapan mengikuti ajang ini. "Mulai dari kesehatan  terutama pakannya. Kita pilih yang berkualitas," tuturnya.

Sementara itu, ada 4 juri yang diterjunkan dalam festival ini. Mereka menilai dari segi artistik dan kesehatannya. "Bahwa koi yang bagus itu dilihat dari segi body, patern atau pola, warna dan yang terpenting kesehatan," Ujar Agus Irianto, salahsatu juri. (*/fit)