Relawan Demokrasi Turun ke Jalan, Sosialisasi Komunitas

Lumajang, Motim - Relawan Demokrasi (Relasi) dibawah naungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang terus bergerak. Semua basis pemilih tidak luput dari jangkauan oleh para relawan. Agar semua masyarakat dapat menyampaikan hak pilihnya pada 17 April mendatang.
Sosialisasi oleh relawan demokrasi
Sosialisasi oleh relawan demokrasi
Seperti yang dilakukan oleh relawan basis warganet (netizen). Mereka terus memberikan sosialisasi kepada anak-anak muda. Komunitas yang ada di Lumajang terus diberikan pemahaman untuk tidak golput.

Mereka pun harus turun ke jalan untuk menemui para komunitas ini. Seperti menemui klub motor yang sedang bersantai atau beristirahat di Jembatan Selowangi (Selok Awar-Awar–Pandanwangi) pada akhir pekan kemarin.

Para relawan ini menjelaskan berbagai materi Pemilu. Diantaranya meliputi waktu pemungutan suara, jenis dan warna surat suara, cara pindah memilih, alur mencoblos, sah tidaknya surat suara, himbauan tidak golput dan menolak politik uang.

Tidak hanya di situ, para relawan ini, sebelumnya juga melakukan sosialisasi di Posyandu Gumukmas Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo. Puluhan warga yang datang nampak antusias di sana.

“Saya senang sekali ada penjelasan dan pemahaman tentang pemilu 2019. Ibu-ibu di sini masih baru tahu kalau ada jenis 5 surat suara, dan untuk mencoblos pun masih sering kebingungan,” kata Lis, salah satu warga. (fit)