Selain Petugas Resmi, ada 5 Ribu Lebih Relawan Keamanan Pemilu

Lumajang, Motim - Pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 tidak cukup hanya melibatkan petugas resmi dari pihak kepolisian, TNI, maupun Pemkab. Untuk itu, relawan keamanan juga ikut direkrut. Demi terwujudnya Pemilu di Lumajang yang kondusif.
Gelar Pasukan di Stadion Semeru
Gelar Pasukan di Stadion Semeru
Bahkan jumlah relawan yang tergabung, terbilang sangat banyak. Yakni mencapai 5.690 relawan. Mereka merupakan relawan yang juga sudah tergabung dalam Satuan Petugas Keamanan Desa. Kemudian ditambah dari perguruan pencak silat, Pagar Nusa.

Untuk mengecek kesiapan semua petugas, Polres Lumajang mengadakan Gelar Pasukan di Stadion Semeru, Jumat (22/3) pagi. Selain Kapolres AKBP M. Arsal Sahban, juga hadir Bupati Thoriqul Haq dan Dandim 0821 Letkol Infanteri Ahmad Fauzi.

Selain dari relawan, gelar pasukan ini juga dihadiri oleh anggota Polres Lumajang, Batalyon 527, Kodim 0821, KPU, Panwas, Dishub, Satpol PP, dan BPO Linmas.

Kapolres Lumajang, M. Arsal Sahban pun memberikan apresiasi tinggi untuk Satgas Keamanan Desa. Karena ikut serta membantu menciptakan situasi kamtibmas di desanya, khususnya dalam pengamanan pemilu kali ini.

Lanjutnya, tugas utama Satgas Keamanan Desa ada empat. Pertama, bertugas menjaga dan memastikan keamanan di desanya dari segala bentuk gangguan Kamtibmas. Kedua, bertugas mendisain sistem keamanan di desanya masing-masing sesuai dengan karakteristik desanya.

Ketiga, sebagai Problem Solver bagi masyarakatnya terkait masalah-masalah kamtibmas. Keempat, membantu menangani masalah-masalah dalam masyarakat seperti memobilisasi masyarakat dalam penanganan bencana dan masalah-masalah sosial.

“Dan juga permasalahan yang dapat timbul dari pelaksanaan pemilu kali ini,” kata Arsal.

Lanjutnya, kenapa relawan juga ikut dilibatkan, karena jumlah petugas kepolisian yang sangat minim. Berbanding jauh dengan jumlah TPS yang ada di Lumajang. Sebagai perbandingan, 20 TPS hanya diamankan 2 polisi.

“Tentu kurang efektif. Tapi dengan keberadaan Satgas Keamanan Desa, tentu sangat efektif dalam membantu pengamanan. apalagi mereka sudah dilengkapi HT, sehingga memudahkan komunikasi,” ujarnya. (fit)