Soal Kenaikan Gaji Perangkat Desa, Bupati Tunggu Aturan Teknis

Lumajang, Motim - Pemerintah Kabupaten Lumajang juga akan merealisasikan kenaikan gaji bagi perangkat desa serta kepala desa. Namun ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan. Saat ini Bupati Thoriqul Haq juga masih menunggu aturan teknis pelaksanaannya.
Bupati Thoriqul Haq
Bupati Thoriqul Haq
“Kita harus menyesuaikan. Masih kita tunggu aturan teknisnya. Untuk teknis penganggarannya,” ujar bupati pada wartawan, Rabu (13/3).

Seperti diketahui, kenaikan gaji ini sesuai dengan keputusan Presiden Jokowi Widodo. Gaji bagi perangkat desa dan kades akan disetarakan dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Golongan II A. “Saya sudah baca surat dari pemerintah pusat,” ucap bupati.

Ia menuturkan, memang ada sejumlah tahapan yang harus dilaksanakan sebelum merealisasikannya. Karena pengelolaan keuangan juga sudah dibatasi dalam APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah).

“APBD kita sudah disahkan. Apakah nanti bisa melakukan perubahan. Kita menunggu petunjuknya,” ujar dia.

Thoriq pun berterimakasih kepada pemerintah pusat atas keputusan kenaikan gaji ini. Pasalnya pihak pemerintah desa akan lebih bersemangat dalam memberikan pelayanan pada masyarakat. Tentunya akan lebih membantu Pemkab.

“Menjadikan kami bisa melakukan penguatan terhadap pelayanan yang ada di desa. Ada banyak program kami, yang harus lebih disinergikan dengan desa. Diantaranya mengenai administrasi desa,” pungkasnya. (fit)