Sudah Pra Studi Kelayakan, Bupati Optimis Pembangunan Tol Terrealisasi

Lumajang, Motim - Bupati Thoriqul Haq optimis, pembangunan jalan tol yang menghubungkan Probolinggo-Lumajang bisa terrealisasi. Apalagi pra studi kelayakan (pre feasibility study) sudah dilakukan oleh pihak Pemrprov Jatim.
Bupati Thoriq
Bupati Thoriq
Ia menegaskan, demi terrealisasinya pembangunan tol ini, Pemkab Lumajang akan lebih responsif. Terkait apa yang bisa dilakukan oleh Pemkab, pihaknya akan melakukannnya. Agar rencana pembangunan itu lebih cepat.

“Pemkab lebih responsif, supaya lebih sambung apa yang kami lakukan untuk mengawali tol ini, bisa berjalan dengan waktu lebih cepat,” ucapnya pada wartawan.

Thoriq juga menegaskan, setelah adanya pra studi kelayakan, harapan tol ini bisa dibangun lebih besar. Sebagai salah satu tol sirip yang ada di Jawa Timur. Selain Probolinggo-Lumajang, satunya adalah tol Kertosono-Kediri.

Setelah ini, langkah berikutnya adalah studi kelayakan (feasibility study). Akan dilakukan oleh pihak kontraktor. “Setelah FS (feasibility study), akan dihitung dari segi ekonomi, infrastruktur, pembiayaan, pembagian kerja di lapangan antara kabupaten, provinsi, dan pusat,” jelasnya.

Bupati pun sudah menawarkan, jika Pemkab Lumajang akan siap melakukan apapun untuk mempercepat pembangunan ini. Ketika sudah ada pembagian kerja, Pemkab akan secepatnya mengambil langkah-langkah.

“Misalnya jalurnya melalui mana, tanah yang mana. Setelah lampu hijau, berikutnya kami harus ambil langkah,” pungkasnya. (fit)