Target Partisipasi 77 Persen, ASN Tak Boleh Golput

Lumajang, Motim - Sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) juga diberikan pada Aparatur Sipil Negara (ASN). Karena ASN juga berkerwajiban menyampaikan hak suaranya pada 17 April mendatang. Agar target partisipasi bisa mencapai 77 persen.
Sosialisasi Pemilu untuk ASN
Sosialisasi Pemilu untuk ASN
Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menyampaikan, salah satu indikator keberhasilan penyelenggaraan Pemilu adalah tingkat partisipasi masyarakat yang cukup tinggi dalam menyalurkan hak suaranya.

“Peran dan Partisipasi masyarakat sangat penting dari sebuah pesta demokrasi, sehingga tingkat partisipasi masyarakat ini harus menjadi perhatian khusus pada Pemilu serentak 2019,” ujarnya dalam Sosialisasi Pemilu, di Ruang Nararya Kirana Kantor Bupati, Senin (25/3) pagi.

Dari data secara nasional, partisipasi politik masyarakat di Pemilu 2004 sebesar 84 persen. Pada Pemilu 2009 tercatat sebesar 71 persen. Pada tahun 2019 partisipasi masyarakat ditargetkan sebesar 77 persen.

Indah menambahkan, pemetaan tingkat kerawanan di tingkat kabupaten, kecamatan sampai tingkat desa/kelurahan, harus dicermati dan dijabarkan. Sebagai upaya antisipasi potensi kerawanan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pelaksanaan Pemilu.

Untuk itu, Ia berharap semua unsur dan Komponen yang ada di masyarakat, sampai dengan masyarakat di tingkat desa/kelurahan dapat membantu KPU maupun Bawaslu untuk mensukseskan Pemilu 2019.

“Mari kita sukseskan Pemilu 2019 Kita berpesta Demokrasi. Namanya Pesta Demokrasi, kita harus senang,” katanya. (fit)