Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Motim - Sebelumnya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lumajang, menerima pemberitahuan dugaan pelanggaran kampanye. Ada sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Lumajang diduga tidak netral. Karena terlibat kampanye.

Ketua Bawaslu Lumajang Amin Sobari
Ketua Bawaslu Lumajang, Amin Sobari
Namun setelah dilakukan penyelidikan oleh Bawaslu, ternyata yang bersangkutan bukan ASN. Mereka hanya tenaga honorer. Menurut Bawaslu, honorer bukan ASN. Serta dalam Undang-Undang Pemilu tidak mengatur itu. Artinya honorer masih dibolehkan terlibat kampanye.

“Memang di Undang-Undang Pemilu yang tidak boleh dilibatkan dalam kampanye itu ASN. ASN ada dua, PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja),” ucap Ketua Bawaslu Lumajang, Amin Sobari pada wartawan, Kamis (14/3).

Ia menambahkan, Pemkab Lumajang saat ini masih belum memiliki PPPK dan masih akan proses perekrutan. Sedangkan tenaga honorer tidak terdata di Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Karena perekrutan dilakukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing.

“Di BKD tidak ada data jumlah honorer. Jadi direkrut oleh dinas dan bertanggungjawab pada dinas terkait,” jelasnya.

Meksi tidak ada aturan, namun Bawaslu berharap agar tiap OPD memiliki kebijakan tersendiri soal netralitas para honorer ini. Karena mereka juga pelayan masyarakat, agar bisa bekerja lebih maksimal.

“Harapannya OPD bisa buat SOP (Standar Operasional Prosedur) untuk para honorer terkait netralitas,” tutur Amin.

Ada juga informasi yang masuk pada Bawaslu terkait Wakil Bupati, Indah Amperawati yang diduga berkampanye saat jam kerja. Karena berfoto dengan mengenakan baju dinas dan berpose dua jari. Namun hasil penyelidikan Bawaslu, itu bukan pelanggaran kampanye.

“Setelah kita verifikasi, bukan kegiatan kampanye. Ada kegiatan dinas, kemudian foto-foto, spontan dengan simbol dua jari. Tidak disertai dengan kata-kata kampanye,” pungkasnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: