Tingkatkan Perilaku Hidup Sehat, Tim PHBS Akan Dibentuk

Lumajang, Motim - Pemerintah Kabupaten Lumajang akan membentuk Tim PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Hal ini sebagai upaya untuk menumbuhkan, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menerapkan PHBS itu.
Antisipasi demam berdarah oleh petugas
Antisipasi demam berdarah oleh petugas
Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Lumajang, dr. Rosyidah bahwa program PHBS adalah salah satu program terapan yang mampu mengajarkan masyarakat untuk memulai perilaku yang sehat dalam berbagai tatanan.

Menurutnya, PHBS juga menjadi upaya untuk memberikan pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi bagi perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan.

“Jadi, dengan begitu masyarakat bisa mengenali dan mengetahui masalahnya sendiri dalam tatanan rumah tangga, agar dapat menerapkan cara-cara hidup sehat dalam rangka menjaga dan meningkatkan kesehatannya,” ujarnya.

Disamping itu, dr. Rosyidah juga mengungkapkan bahwa hingga saat ini, Dinas Kesehatan telah memantau dan mengevaluasi kondisi penerapan PHBS berdasarkan hasil pengkajian dan survei di Kabupaten Lumajang.

Ditahun 2018, sesuai data dari hasil pengkajian dan survei, ditemukan sejumlah perilaku masyarakat yang kurang sehat. Diantaranya masih banyak masyarakat yang merokok, kurangnya ibu memberikan ASI eksklusif kepada bayi hingga 6 bulan, dan masih ada masyarakat yang tidak melakukan persalinan di fasilitas kesehatan.

“Kondisi ini tentu menjadi tantangan bagi semua pihak, khususnya pemerintah, insan kesehatan maupun segenap lintas sektor terkait untuk lebih mengoptimalkan upaya dalam menumbuhkan dan mengembangkan PHBS,” ungkapnya. (fit)