66 Persen Petahana Bertahan di DPRD, Dominasi PDIP Terpatahkan

Ruang rapat paripurna di Kantor DPRD Lumajang.
Lumajang, Motim - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang memang belum umumkan hasil resmi perolehan kursi di DPRD. Namun hitungan sementara dari masing-masing internal partai, sudah bisa diprediksi calon yang bakal lolos.

Dari informasi yang dihimpun Memo Timur, perolehan kursi DPRD Lumajang masih tetap akan dikuasai oleh calon petahana. Namun untuk dominasi partai, ada yang berubah dari sebelumnya. Dominasi PDIP di periode 2014-2019 bakal terpatahkan.

Dari hitung-hitungan sementara, dari kuota 50 kursi yang ada, 33 diantaranya atau 66 persen tetap diisi oleh anggota petahana. Sementara sisanya 17 kursi, akan diisi oleh wajah-wajah wakil rakyat yang baru.

PDIP yang sebelumnya mendominasi 10 kursi, kini harus kehilangan 1 kursi. Dominasi itu dipatahkan oleh PKB yang sudah meraup 10 kursi, dan masih ada kemungkinan menambah 1 kursi lagi. PDIP pun harus merelakan posisi Ketua DPRD pada PKB di periode 2019-2024.

Calon petahana yang kemungkinan besar lolos, diantaranya seperti Ketua Komisi A Nur Hidayati, Ketua Komisi C Suigsan, Ketua Komisi D Sugianto. Sementara Ketua Komisi B Solikin belum ada kemungkinan bakal kembali ke DPRD.

Solikin yang juga Sekretaris PDIP Lumajang itu, saat dikonfirmasi terkait perolehan kursi ini, enggan menanggapi banyak. Karena menurutnya sejauh ini penghitungan suara masih belum selesai dilakukan.

“C1 belum semua dihitung. Belum selesai. Coba tanyakan ke PPK, di PPK juga proses penghitungan juga,” katanya saat dihubungi Memo Timur, Rabu (24/4).

Sementara disinggung terkait penghitungan internal partai lainnya yang sudah berani mengklaim perolehan kursi, menurutnya itu hak masing-masing partai. “Itu urusan mereka,” pungkas Solikin.

Sedangkan wajah-wajah baru yang siap menduduki DPRD Lumajang, seperti Buari dari PDIP Dapil 5, Yuda Adji Kusuma dari PDIP Dapil 2, Anang Ahmad Syaifudin dari PKB Dapil 4, juga Gatot Sarworubedo dari Gerindra Dapil 1.

Dihubungi secara terpisah sebelumnya, Ketua PKB Lumajang Anang Ahmad Syaifudin, dengan hasil penghitungan internal partainya telah mengklaim kemenangan di Lumajang. Dengan perolehan 10 kursi dan ada potensi tambahan lagi.

“Masih ada potensi kursi lagi, kerena menunggu hasil resmi dari KPU,” terang dia.

Lanjutnya, ketika PKB sudah menjadi pemenang, pihaknya akan meningkatkan sinergitas dengan semuanya. “Iya sinergi, harapan banyak orang. Harapan masyarakat untuk sinergitas,” pungkasnya.

Sumber lain, Wakil Ketua Bidang Pemuda Golkar Muhammad Arifin menuturkan, Pileg kali ini, pihaknya memperoleh 3 kursi. Diantaranya Reza Hadi Kurniawan di Dapil 1, merupakan pendatang baru. Suigsan yang petahana di Dapil 2, dan Bambang Rianto juga petahana di Dapil 3. (cho/fit)