7 TKI Ilegal Meninggal di Malaysia Sepanjang 2018

Lumajang, Motim - Ada 7 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Lumajang meninggal di Malaysia sepanjang 2018. Semua TKI yang meninggal itu berstatus TKI ilegal. Dari 7 itu, 3 orang diantaranya dimakamkan di sana. Sementara 4 jenazah lainnya, dibawa ke Lumajang.
Suharwoko, Kepala Dinas Tenaga Kerja Lumajang
Suharwoko, Kepala Dinas Tenaga Kerja Lumajang
“Hanya empat yang dipulangkan karena mendapatkan bantuan dari majikannya. Kemudian ada yang dibantu oleh teman-temannya sesama TKI atau atas biaya dari keluarga sendiri,” kata Suharwoko, Kepala Dinas Tenaga Kerja Lumajang.

Lanjutnya, jumlah tersebut merupakan laporan berhasil diterima oleh Disnaker Lumajang. Tidak menutup kemungkinan ada TKI ilegal lainnya yang meninggal di sana namun tidak dilaporkan. “Jadi jumlah pastinya tidak kita ketahui,” kata Suharwoko.

Ia pun berharap agar masyarakat yang akan bekerja ke luar negeri, hendaknya menggunakan agen yang resmi. Dengan dokumen yang benar, sehingga bila terjadi musibah seperti ini, pemerintah bisa membantu.

“Ini harus menjadi peringatan bagi warga Lumajang yang akan bekerja ke luar negeri. Agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari, maka saya sarankan untuk menggunakan jalur yang benar dan resmi,” ucapnya.

Selain laporan 7 TKI itu, ada juga laporan sejumlah TKI yang mengalami sakit keras. Ada 6 TKI sakit keras selama berada di Malaysia. “Sehingga pihak keluarga sepakat untuk memulangkan. Namun seluruhnya pulang dengan biaya sendiri,” pungkasnya. (fit)