Aksi Atlet Panahan Buka O2SN Lumajang 2019

Lumajang, Motim - Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati membuka Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2019 Tingkat Kabupaten, di GOR Wira Bhakti, Senin (8/4) pagi. Pembukaan kompetisi jenjang SD-SMP ditandai dengan aksi dari atlet panahan.
Pembukaan O2SN Lumajang
Pembukaan O2SN Lumajang
Sebanyak 6 bibit atlet panahan dari SD Ditotrunan 1 melesatkan anak panah pada balon sebagai target. Terlihat para atlet yang juga tergabung dalam klub FAST Satria Pandhita Archery (SPA) itu bisa melakukan aksinya dengan baik.

Meski begitu pada tahun ini panahan tidak termasuk dalam cabor yang dilombakan dalam O2SN Lumajang. “Beberapa daerah lainnya ada yang menggelar. Tergantung kebijakan daerah masing-masing,” kata Andi Darmawan, pelatih FAST Satria Pandita.

Sedangkan O2SN tingkat nasional, sekitar 28 cabor termasuk panahan yang dilombakan. “Harapan kita nanti, Dinas Pendidikan Lumajang tahun depan bisa memfasilitasi agar panahan ikut dilombakan,” ujar Andi yang juga Binpres Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Lumajang.

Di O2SN Lumajang kali ini, ada 12 cabor yang dilombakan dan dipertandingkan. Diantaranya atltetik, senam, karate, sepakbola, tenis meja, voli, pencak silat, catur, renang, bulu tangkis, bridge, dan sepak takraw. Ada ratusan atlet yang akan bersaing dalam kompetisi tahunan ini.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Lumajang, Winardi mengatakan, O2SN bertujuan untuk meningkatkan kecintaan dan apresiasi bidang olahraga. Serta meningkatkan kesehatan jasmani, mengembangkan bakat dan minat, serta melatih sportifitas dan tanggung jawab.

“Olimpiade tersebut dalam rangka memupuk dan menumbuh kembangkan bakat dan minat, serta potensi para peserta didik di bidang olahraga, khususnya pada jenjang SD-SMP Lumajang,” jelasnya.

Lanjutnya, kegiatan ini juga untuk pembinaan dan mempersiapkan atlet berprestasi pada tingkat provinsi, nasional maupun internasional. “Khusunya di kalangan peserta didik jenjang SD-SMP Lumajang,” pungkasnya. (fit)