Alokasi Dana Inovasi Desa 2019 Capai Rp 816 Juta

Lumajang, Motim - Program Inovasi Desa di Lumajang terus dimaksimalkan. Pada tahun ini, dana operasional kegiatan yang dialokasikan mencapai Rp 816 juta. Jumlahnya mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Karena pada 2018, alokasi dana mencapai Rp 1,1 miliar.
Musyawarah Antar Desa Program Inovasi Desa
Musyawarah Antar Desa Program Inovasi Desa
Alokasi dana itu akan dibagikan ke 198 desa yang ada melalui kecamatan masing-masing. Karena dana tersebut dikelola oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (PID) di 21 kecamatan. Jumlah yang diterima oleh masing-masing kecamatan berbeda.

Salah satu kecamatan, yakni Kecamatan Sukodono sudah mulai melakukan proses pembentukan anggota Tim PID 2019. Anggota nantinya merupakan perwakilan dari 10 desa yang ada. Alokasi dana untuk Kecamatan Sukodono mencapai Rp 40 juta.

Camat Sukodono, Bayu Ruswantoro berharap 10 desa yang ada memiliki inovasi masing-masing yang bisa berjalan maksimal. Namun Ia ingin inovasi yang digagas masing-masing desa, kalau bisa menggunakan dana seminimal mungkin.

“Kalau bisa seminimal mungkin dana itu digunakan. Inovasi kalau uang besar ya percuma,” katanya dalam Musyawarah Antar Desa Program Inovasi Desa di Kantor Kecamatan Sukodono, Rabu (10/4) siang.

Dalam membuat inovasi, desa bisa melihat potensi yang ada di masing-masing desanya. Atau bisa mencontoh inovasi yang sudah berjalan dengan baik di tempat lain. Namun tentunya harus relevan dengan kondisi desa masing-masing.

Ia ingin pelaksanaan program ini di Kecamatan Sukodono bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. “Belajar dari tahun kemarin dan harus diperbaiki tahun ini,” ucapnya. Ia juga ingin tim yang dibentuk adalah personil yang memiliki semangat tinggi. (fit)