Amankan Pemilu Secara Persuasif, Kapolres: Daripada Carok

Kapolres Lumajang AKBP M. Arsal Sahban.
Lumajang, Motim - Sejauh ini tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) di Lumajang berjalan dengan aman. Meskipun di sejumlah wilayah rawan kisruh, namun bisa diatasi. Salahsatunya melalui pendekatan persuasif yang dilakukan Kapolres Lumajang AKBP M. Arsal Sahban dan jajaran petugas lainnya.

Kapolres menyebut, sebelum hari pencoblosan ada informasi di Lumajang wilayah utara terkait aksi intimadasi oleh kelompok tertentu pada pihak penyelenggara. Namun kapolres bisa meredamnya dengan menemui kelompok yang diduga akan melakukan aksi itu.

“Tim sukses kita temui, jangan macem-macem, jangan ada intimidasi. Daripada kita tangkap,” ujar kapolres pada wartawan, Sabtu (20/4).

Upaya ini dilakukan M. Arsal demi mengantisipasi adanya hal yang lebih buruk terjadi. Karena berpotensi adanya adu fisik yang berakibat fatal. “Kita ingatkan mereka, daripada ada carok. Karena ini soal suara,” ujarnya.

Intimidasi yang dimaksud, adalah adanya ancaman pada pihak KPPS (Kelompok Penyelengara Pemungutan Suara) agar berbuat curang yang menguntungkan caleg tertentu. Yakni petugas diminta mencoblos caleg pada surat suara yang tidak terpakai.

“Seperti dari surat suara orang yang sakit, yang tidak datang, orang tua,” kata kapolres.

Kecurangan seperti inilah yang sangat berpotensi adanya konflik, bukan hanya dari tim sukses dengan pihak penyelenggara. Namun antar tim sukses atau pendukung juga rawan terjadi. “Lebih baik kita tangani seperti itu, daripada ada korban. Daripada saya nunggu mereka melanggar,” katanya.

Selain rawan adanya adu fisik, pada Pemilu di Lumajang juga rawan terjadinya praktik politik uang. Dengan cara yang sama, kapolres berhasil meredam hal itu. “Ada caleg yang kita tengarai, langsung kita ingatkan. Jangan macem-macem,” tegasnya.

Lanjutnya, apa yang telah dilakukan ini membuat proses pesta demokrasi di Lumajang bisa aman terkendali. “Jadi Pemilu di Lumajang everybody happy. Calegnya happy, tim suksesnya happy, dan penyelenggara juga happy,” jelasnya. (fit/cho)