Dikawal Ketat, 80 Persen Kotak Suara Kembali ke Gudang

Gudang Logistik KPU Lumajang.
Lumajang, Motim - Proses pengangkutan kotak suara dari Kantor Kecamatan ke Gudang KPU mendapat perngawalam ketat dari pihak kemanan. Pengawalan berlapis dilakukan personel Polres Lumajang dan Kodim 0821 Lumajang serta lainnya.

Hingga Kamis (25/4) siang, sekitar 80 persen kotak suara sudah kembali ke gudang logistik yang disewa KPU Lumajang di Amanda, Jl. Panjaitan. Bahkan, Kapolres Lumajang AKBP M. Arsal Sahban dan Dandim 0821 Letkol Inf Ahmad Fauzi ikut melakukan pengawalan.

“Untuk memastikan kotak ini aman selama di jalan,” kata Kapolres pada sejumlah wartawan.

Lanjutnya, masih ada kotak suara dari 2 kecamatan yang belum masuk ke gudang KPU. Yakni dari Kecamatan Randuagung dan Lumajang. Karena masih ada proses penghitungan disana yang belum selesai.

“Namun yang Randuagung hari ini akan dikirim,” ucapnya.

Sementara untuk Kecamatan Lumajang, malam itu sudah akan selesai penghitungan suara. Sementara untuk plenonya, akan dilakukan keesokan harinya. “Saya yakin semuanya akan segera dilakukan,” ucapnya.

Kapolres menambahkan, memang dalam proses pengiriman logistik ini rawan adanya hal-hal yang buruk. Sehingga pihaknya bersama lainnya, harus melakukan pengawalan yang ketat. Agar pasca Pemilu di Lumajang bisa tetap kondusif.

“Karena kita dengar ada rencana sabotase, dan sebagainya, maka harus kita atisipasi sejak awal,” ujarnya.

Memang proses pengawalan di tiap kecamatan berbeda. Melihat situasi dan kondisi yang ada. Berapa jumlah personil yang dikerahkan, melihat tingkat potensi kerawanan. “Tapi hingga saat ini, bisa berjalan kondusif,” pungkasnya. (fit)