Diterjang Hujan, 100 Lebih Kotak Suara Rusak

Kotak suara rusak terkena air hujan. (*)
Lumajang, Motim - Ada 100 lebih kotak suara Pemilihan Umum (Pemilu) di Lumajang yang mengalami kerusakan. Proses pendisitribusian dalam kondisi cuaca hujan deras, membuat kotak suara basah dan tidak bisa dipakai.

Kotak suara yang rusak itu tersebar di 4 kecamatan. Yakni Klakah, Padang, Kedungjajang, dan Randuagung. Khusus untuk Randuagung, penyebab kerusakan karena kotak suara nyangkut di ranting pohon saat pendistribusian.

Laporan terakhir dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang, kerusakan terbanyak di Kecamatan Klakah, ada 97 kotak suara. Awalnya KPU sudah mengantisipasi adanya hujan, dan menunda keberangkatan truk yang membawa logistik ke Klakah. Menunggu hujan redah.

“Berangkat dari gudang logistik itu cuaca sudah redah. Namun di tengah jalan hujan deras lagi disertai angin. Rembesan hujan ini masuk kedalam terpal yang menutupi bak truk,” kata Ketua KPU Siti Mudawiyah, Senin (15/4).

Sementara di Kecamatan Padang ada 7 kotak suara yang rusak. Di Kecamatan Kedungjajang ada 1 kotak suara. Sedangkan di Kecamatan Randuagung yang rusak karena tersangkut di pohon ada 9 kotak suara.

Selain kotak suara, ada 441 surat suara yang rusak. Diantaranya 11 surat suara Calon DPR RI dan 430 surat suara Calon DPRD Lumajang. KPU Lumajang sudah melaporkan peristiwa ini ke KPU Jawa Timur dan KPU Pusat.

“Sudah kita laporkan untuk mendapat ganti kerusakan ini,” terang Mudawiyah.

Proses pendistribusian logistik Pemilu dari gudang ke 21 kecamatan dilakukan pada 13-15 April 2019. Di hari terakhir, pengiriman dilakukan ke 3 kecamatan yang belum. “Yakni Kedungjajang, Sukodono, dan Pasirian,” ungkapnya. (fit)