Durian Kembang jadi Varietas Unggulan Lumajang

Lumajang, Motim - Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Pertanian kembali gelar Pasar Tani dan Festival Durian tahun ini. Pada kesempatan kali ini, jadi momentum untuk lebih mengenalkan Durian Kembang. Salah satu varietas durian unggulan dari Lumajang.

Pasar Tani dan Festival Durian
Pasar Tani dan Festival Durian
Bupati Lumajang, Thoriqul yang membuka acara tersebut, menyampaikan, jika Lumajang merupakan salah satu daerah penghasil durian yang cukup melimpah. Kualitasnya juga bersaing dengan daerah lain. Salah satu varietas durian dengan kualitas premium adalah durian kembang.

“Durian yang khas dan satu-satunya di Lumajang, duriannya namanya durian kembang, kalau dibuka di dalamnya ada bunga atau kembangnya, tidak terlalu besar, tetapi rasanya, ada pahitnya, ada manisnya, ada legitnya, ada rasa menteganya, pokok e (pokoknya) enak,” ungkapnya.

Tidak hanya durian, Pemkab akan terus mendorong produktivitas pertanian Lumajang agar benar-benar menjadi Kabupaten yang unggul dan berdaya saing. Thoriq memprioritaskan pertanian karena Kabupaten Lumajang memiliki potensi alam yang luar biasa.

“Kedepan pertanian Kabupaten Lumajang yang unggul ini dipertemukan dengan jejaring usaha pertanian, harus bertemu dengan usaha olahan pertanian. Kita memiliki produk pertanian yang unggul dan layak diunggulkan,” tegasnya.

Bupati menginginkan semua stakeholder saling bekerjasama dalam mengoptimalkan produk pertanian. Agar tidak hanya unggul namun juga memiliki daya saing. Lanjutnya, beras Lumajang sudah mampu menembus pasar ritel. Ia berharap, produk pertanian lain juga memiliki brand quality yang baik.

“Harapannya, kita kedepan mempunyai brand quality, apapun produksi Lumajang yang berkenaan dengan pertanian diakui kualitasnya dengan standart kualitas yang benar–benar bagus,” jelasnya.

Pasar Tani dan Festival Durian 2019 digelar 26-28 April di halaman parkir Stadion Semeru. Ada sejumlah acara dalam kegiatan ini, diantaranya pameran beragam produk unggulan pertanian, produk olahan, kontes durian dan lomba karya tulis bagi pelajar tingkat SMP dan SMA. (fit)