Gerdu Sejiwa Bantu Pengobatan Warga Miskin Penderita Hernia

Lumajang, Motim - Komunitas Gerakan Terpadu Kesehatan Jiwa (Gerdu Sejiwa) terus melakukan aksi sosial. Khususnya di Wilayah Kecamatan Pronojiwo. Saat ini mereka membantu pengobatan bagi warga miskin yang menderita hernia.
Gerdu Sejiwa mengantarkan penderita hernia
Gerdu Sejiwa mengantarkan penderita hernia
Pada Senin (1/4) pagi, Tim Gardu Sejiwa langsung melakukan kepengurusan surat-surat untuk penderita hernia, warga Kecamatan Pronojiwo. Mereka akan dirujuk untuk pengobatan di Jember.

Faisal, salah satu pengurus Gardu Sejiwa mengungkapkan, Gardu Sejiwa ini sudah berjalan lama dengan melibatkan semua desa yang ada di Pronojiwo, “Kami sudah lama berdiri Mas, tujuan kami ingin membantu keluarga yang tidak mampu, terutama yang sakit,” ungkapnya.

Selama ini menurutnya, banyak masyarakat yang mengeluh sakit. Terutama sakit jiwa sudah bisa dibantu untuk penanganannya, “Kita bantu mas, mulai dari persyaratan kelengkapan medis hingga kita bawa ke luar Kabupaten, apabila penangananya memang di luar kota,” imbuhnya.

Untuk biaya pengobatan ini, Gerdu Sejiwa mengumpulkan dari iuran para dermawan di semua desa di Kecamatan Pronojiwo. “Semua desa sudah komitmen untuk ikut mengalokasikan anggaran agar proses pelayanan kami berjalan dengan optimal,” terangnya.

Bahkan pihak desa bersedia membantu Gerdu Sejiwa melalui fasilitas Ambulan Desa untuk mengantar pasien berobat. “Apabila pasien dikatakan mendesak untuk segera ditangani, Ambulan Desa juga bisa kita gunakan, ini bentuk sinergi kita dalam melayani,” tegasnya.

Lanjutnya, dengan adanya kekompakan semacam ini maka kedepan pelayanan bisa berjalan dengan lebih baik lagi. Sehingga banyak warga miskin yang dibantu oleh Gerdu Sejiwa. (cho/fit)