Gerdu Sejiwa Berorientasi Bantu Warga Lumajang

Lumajang, Motim - Komunitas Gerakan Terpadu Kesehatan Jiwa (Gerdu Sejiwa) Kecamatan Pronojiwo, terus bergerak memberikan pelayanan terhadap orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dalam upaya pemulihan.
Salah satu ODGJ yang sudah sembuh
Salah satu ODGJ yang sudah sembuh
Pengurus Gerdu Sejiwa, Faisal Yadin kepada Memo Timur menuturkan, hari ini Gerdu Sejiwa mengatasi dua orang yang diduga mengalami gangguan kejiwaan alias gila. Selain sering melakukan kekerasan terhadap keluarganya sendiri seperti mencubit dan memukul.

Selain itu ODGJ tersebut sering melakukan pengerusakan terhadap barang atau perabotan rumah tangga yang ada dalam rumahnya. Kondisi itu membuat keluarganya meminta Gerdu Sejiwa untuk mengatasinya.

“Dua orang itu adalah Sumiati, warga Desa Taman Ayu, Kecamatan Pronojiwo dan Bagus, warga Desa/Kecamatan Pronojiwo,” ucap Faisal Yadin, Sabtu (6/4) via teleponnya.

Karena cukup membahayakan bagi keselamatan keluarga juga orang lain, usai diamankan keduanya terus diboyong menuju Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Lawang Malang untuk proses pemulihan diharapkan segera sembuh. “Jika sudah sembuh dan kembali pada keluarganya, kami berharap keluarganya maupun lingkungannya terus memberikan semangat agar mereka terus sembuh,” katanya.

Saat ditanya apakah Gerdu Sejiwa hanya memberikan pelayanan ODGJ di wilayah Kecamatan Pronojiwo saja, Faizal Yadin menyampaikan tidak. Gerdu Sejiwa akan melayani semua OGDJ yang ada di wilayah Kabupaten Lumajang.

“Untuk sementara ini, Gerdu Sejiwa masih fokus di wilayah Kecamatan Pronojiwo. Setelah tuntas, pelayanan terhadap ODGJ dikembangkan ke Kecamatan yang lain,” tegasnya. (cho)