Jalur Pendakian Semeru Dibuka Awal Mei 2019

Gunung Semeru. (*)
Lumajang, Motim - Ada kabar gembira bagi pecinta alam atau para pendaki gunung. Karena setelah ditutup sekian waktu, akhirnya jalur pendakian Gunung Semeru akan segera dibuka kembali. Rencanaya pada awal Mei 2019, jalur sudah akan dibuka.

Rencana jadwal pembukaan jalur ini dicetuskan, setelah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) melakukan rapat koordinasi di Lumajang, Rabu (24/4). Rapat digelar dengan pihak-pihak terkait, diantaranya Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang.

“Rencananya paling lambat akan jalur akan dibuka pada bulan depan, awal Mei,” kata Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Logistik BPBD Lumajang pada Memo Timur, Kamis (25/4).

Namun untuk tanggalnya, lanjut Wawan, belum bisa diputuskan. Karena TNBTS masih menunggu surat putusan dari pusat. “Setelah ada putusan tanggal berapa mulai dibuka, akan diumumkan nantinya,” ungkapnya.

Wawan menjelaskan, kenapa awal bulan depan sudah dibuka, karena telah melihat sejumlah pertimbangan yang ada. Diantara kondisi cuaca yang sudah dimungkinkan. Diprediksi bulan depan sudah musim kemarau.

“Karena kemarin keputusannya juga melibatkan dari BMKG (Badan Meteorologi, Kimatologi, dan Geofisika) juga,” ujarnya.

Ia menambahkan, sejauh ini persiapan pembukaan jalur sudah siap dan maksimal. Seperti kondisi jalur, sudah dilakukan pengecekan dan aman bagi pendaki. “Sudah aman, dari BPBD juga sudah siap untuk antisipasi,” pungkasnya. (fit)