Pencoblosan di Lumajang Berjalan Aman dan Tak Ada Masalah

Salahsatu TPS di Lumajang. (fit)

Lumajang, Motim - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lumajang menyebut pemungutan suara, Rabu (17/4) dapat berjalan aman dan tak ada masalah. Sepanjang waktu pencoblosan tidak ditemukan hal-hal yang dapat menganggu jalannya Pemilu 2019.

“Hasil pantuan secara umum Pemilu dapat berjalan dengan baik, tidak ada masalah,” kata Komisioner Bawaslu Lumajang, Akhmad Mujaddid MR saat dihubungi Memo Timur, Kamis (18/4).

Ia menegaskan, pihak penyelanggara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Misalnya soal waktu pemilihan yang harus tepat.

“Tidak ada TPS yang ditutup sebelum waktunya. Alhamdulillah semua KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) dapat melayani pemilih sampai pada batus waktu yang ditentukan,” jelasnya.

Jika melihat di daerah lain, terdapat sejumlah kasus kesalapahaman antara pemilih dan pihak penyelenggara. Bahkan sempat menimbulkan sedikit ketengangan. Namun Ia bersyukur, hal itu tidak sampai terjadi di Lumajang.

“Sampai saat ini belum ada laporan terkait kesalahpahaman,” kata dia.

Bahkan menurutnya, di hari pencoblosan tidak ada temuan-temuan yang mengarah pada pelanggaran. Mujaddid menyebut, pelaksanaan Pemilu di Lumajang dapat berjalan dengan lancar karena pihaknya sudah melakukan sejumlah antisipasi sebelumnya.

“Alhamdulillah dengan adanya kegiatan preventif sebelum tanggal pemungutan suara,” ucapnya.

Antisipasi dilakukan utamanya di wilayah yang dinilai rawan terjadi pelanggaran sesuai hasil pemetaan Bawaslu. “Sudah kita lakukan antisipasi dan pencegahan-pencegahan di titik-titik rawan. Sehingga pada Hari-H tidak terjadi gangguan,” pungkasnya. (fit)