Perlunya Melatih Kemandirian pada Anak

Lumajang, Motim - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Lumajang, Musfarinah Nuryatin menegaskan, perlunya melatih kemandirian pada anak sejak dini. Karena itu termasuk juga dalam pendidikan karakter yang perlu diajarkan pada anak.
Musfarinah Nuryati, Bunda PAUD Lumajang
Musfarinah Nuryati, Bunda PAUD Lumajang
Untuk itu menurutnya keberadaan PAUD sangatlah penting. “Pendidikan anak usia dini menjadi bagian yang harus difokuskan,” katanya saat menghadiri Rapat HIMPAUDI Kecamatan Randuagung, Jumat (5/4).

Selain itu, PAUD juga memiliki 2 fokus permasalahan penting yang harus diselesaikan. Yakni Stunting atau gangguan pertumbuhan pada anak. Serta masalah limbah plastik, yang harus diolah agar bermanfaat.

“Dua hal tersebut harus menjadi prioritas utama menyiapkan generasi bangsa yang berkualitas di masa depan. Merupakan permasalahan yang harus menjadi perhatian setiap orang tua untuk menjaga tumbuh kembang anak,” katanya.

Lanjutnya, anak-anak merupakan titipan masa depan bangsa. “Apa yang menjadi harapan anak-anak menjadi kewajiban dan bagian yang tidak terpisahkan baik oleh lembaga, guru maupun masyarakat, serta pemerintah itu sendiri,” tuturnya.

Ia juga meminta agar para guru memberikan pemahaman, bahwa pendidikan anak bukan hanya tanggung jawab guru atau lembaga, namun juga tanggung jawab orang tua. “Anak itu tidak melulu tanggung jawab lembaga, ibu guru harus bersinergi dengan orang tua,” pungkasnya. (fit)