Raih 10 Kursi, PKB Klaim Pemenang di Lumajang

Ketua DPC PKB Lumajang Anang Ahmad Syaifuddin.
Lumajang, Motim - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lumajang telah mengklaim sebagai pemenang dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) DPRD Lumajang. Dari penghitungan internal PKB, sejauh ini sudah berhasil meraih 10 kursi. Menjadi yang paling banyak dari partai lainnya.

“PKB unggul, jadi partai pemenang di Lumajang,” kata Ketua DPC PKB Lumajang Anang Ahmad Syaifuddin, Minggu (21/4).

Ia menyebut, hasil penghitungan sementara itu menujukkan PKB mampu meraup total 130 ribu suara lebih. “Jumlah tersebut setara dengan 10 kursi di dewan,” ungkapnya saat dihubungi Memo Timur via telepon.

Sebanyak 10 kursi yang berhasil diraih itu, merata di 5 daerah pilih (dapil) yang ada di Lumajang. “Masing-masing dapil kita dapat 2 kursi,” ungkapnya. Namun menurutnya, PKB juga masih memiliki peluang untuk menambah perolehan kursi lagi.

Anang memprediksi pihaknya masih bisa menambah 1 kursi. Karena hingga saat ini, data yang masuk masih belum 100 persen. “Masih ada potensi kursi lagi, kerena menunggu hasil resmi dari KPU. Penghitungan kita juga masih 90 persen,” terang dia.

Dengan kemenangan yang diraih versi internal, Anang menegaskan akan terus mengawal perolehan suara yang diraih oleh PKB di semua tahapan. Tidak boleh ada 1 suara pun yang hilang.

“Yang jelas kita akan mengawal sampai tuntas di penghitungan KPU. Tidak boleh ada suara yang tercecer hilang,” tegasnya yang juga sebagai caleg di Dapil IV.

Ia menambahkan, ketika PKB sudah menjadi pemenang di Lumajang, pihaknya akan meningkatkan sinergitas dengan semuanya. “Iya sinergi, harapan banyak orang. Harapan masyarakat untuk sinergitas,” pungkasnya.

Dari data sementara yang dihimpun Memo Timur, di posisi kedua perolehan kursi terbanyak ada PDI Perjuangan. PDIP berhasil meraup total 9 kursi. Di posisi ketiga, ada Gerindra dengan perolehan 7 kursi. Posisi keempat Demokrat yang mendapat 6 kursi. (fit)