Ratusan Pencari Kerja Serbu Bursa Pasar Kerja Mini

JMF Mini di Disnaker Lumajang.
Lumajang, Motim - Ratusan pencari kerja di Lumajang menyerbu Bursa Pasar Kerja atau Job Market Fair (JMF) Mini di di Halaman Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Selasa (30/4). Kegiatan ini digelar dalam memperingati Hari Buruh atau May Day.

Terlihat sejak pagi hari, ada ratusan pencari kerja yang datang dalam kegiatan JMF Mini yang digelar dalam sehari tersebut. Perusahaan juga bisa langsung melakukan tes wawancara kepada pelamar di tempat.

Disnaker Lumajang menggandeng 10 perusahaan yang membuka lowongan kerja. Ada 6 perusahaan dari Lumajang dan 4 lainnya dari luar daerah. Diantaranya perusahaan yang bergerak di bidang indutri, perdagangan, hingga kuliner.

Dalam kesempatan ini ada 632 lowongan kerja yang tersedia. Dengan rincian, 404 untuk pria dan 228 untuk wanita. "Kegiatan ini untuk menekan angka pengangguran di Lumajang," kata Asisten Pemerintahan Susiyanto yang datang kesana untuk memantau kegiatan tersebut.

Menurutnya, saat ini angka pengangguran di Lumajang sudah kecil. Namun JMF harus tetap digelar untuk lebih menekan angka pengangguran yang ada. Bahkan dalam setahun ada 3 kali JMF.

"Selain JMF mini, juga kita gelar dalam skala besar. Dengan menggandeng banyak perusahaan," ujarnya.

Dalam peringatan May Day di Lumajang, ada sejumlah kegiatan dan acara yang digelar. Selain JMF, sebelumnya digelar donor darah di sejumlah perusahaan. Kemudian pada Rabu (2/5) ada sarasehan yang dihadiri Bupati Thoriqul Haq dengan para buruh. (fit)