Sejumlah TPS Terpantau Harus Perpanjang Waktu Pencoblosan

Lumajang, Motim - Sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Lumajang terpantau harus memperpanjang waktu pencoblosan, Rabu (17/4). Pasalnya hingga pukul 13.00 WIB, masih ada warga yang mengantre, menunggu giliran untuk menggunakan hak pilihnya.

Salah satu TPS di Lumajang
Salah satu TPS di Lumajang

Di salah satu TPS Desa Karangsari, Kecamatan Sukodono contohnya, hingga pendaftaran ditutup, masih ada belasan warga yang sudah hadir dan mendaftar namun belum menyampaikan haknya. Sesuai aturan, panitia harus memperpanjang waktu pencoblosan.

“Waktu sudah menunjukkan pukul 13.00 WIB. Pendaftaran ditutup. Bagi yang sudah mendaftar menunggu giliran, tetap bisa mencoblos,” kata salah satu anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

Terlihat mereka yang sudah mendaftar dan menunggu giliran, bersabar menunggu dipanggil oleh panitia. Sekitar setengah jam setelah pendaftaran ditutup, akhirnya semua yang telah antre mencoblos, bisa menyampaikan haknya.

Seperti diketahui, pukul 13.00 WIB memang bukan batas waktu pencoblosan. Namun batas waktu pendaftaran. “Bagi yang sudah mendaftar sebelum batas akhir pendaftaran itu, wajib dilayani oleh panitia,” kata Mujaddid, Komisioner Bawaslu Lumajang.

Kemudian ada juga pemilik suara yang tidak mendapat undagan form C6 atau tidak masuk DPT tetap bisa mencoblos. Dengan syarat membawa KTP Elektronik ke TPS. “Boleh memilih tapi baru bisa mendaftar pada pukul 12.00 sampai 13.00 WIB,” pungkasnya. (fit)