Sempat Salah Hitung, Rekapitulasi di Sejumlah Kecamatan Belum Rampung

Rekapitulasi suara. (*)
Lumajang, Motim - Sejumlah kecamatan masih belum merampungkan rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di tingkat kecamatan. Salahsatu kendalanya, adanya kesalahan hitung di sejumlah kecamatan. Sehingga harus dilakukan penghitungan ulang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang melaporkan, hingga Rabu (24/4) siang, ada 15 kecamatan yang sudah merampungkan rekapitulasi. Sedangkan sisanya, ada 6 kecamatan masih dalam proses.

Kecamatan yang sudah selesai diantaranya Tekung, Rowokangkung, Sukodono, Jatiroto, Klakah, Tempeh, Senduro, Yosowilangun, Candipuro, Kedungjajang, Gucialit, Pasrujambe, Ranuyoso, Kunir, dan Padang.

“Lainnya masih proses pleno rekap kecamatan, kata Ketua KPU Lumajang Siti Mudawiyah saat dihubungi Memo Timur. Adapun 6 kecamatan yang belum selesai itu, diantaranya Tempursari, Randuagung, Lumajang, Senduro, Sumbersuko, dan Pronojiwo.

Lanjutnya, penghitungan ulang biasanya harus dilakukan karena adanya kesalahan dalam penjumlahan. “Kurang cermat kadang-kadang. Nantinya terkonfirmasi itu, kalau gak gitu akan ada selisih dengan aplikasi penghitung suara,” ungkapnya.

Dalam kesalahan seperti itu, Ia tidak memungkiri ada saksi yang telah memprotes. Namun semuanya sudah bisa diselesaikan. “Biasa seperti itu, sudah ada titik temu. Kalau itu terjadi kesalahan, silahkan cocokkan sama C1. Disitu baru ketahuan. Dasarnya itu C1,” ungkapnya.

Namun Ia menegaskan, saat ini kecamatan yang belum, tinggal sedikit saja pekerjaan yang harus diselesaikan. “Karena banyak di hari ini yang akan pleno,” ungkap Mudawiyah saat dihubungi via telepon.

Setelah rekapitulasi di kecamatan selesai, kotak suara segera dikirim ke gudang logistik KPU. Batas akhir rekapitulasi suara di tingkat kecamatan sampai 26 April. Selanjutnya adalah rejapitulasi di tingkat kabupaten. Rencananya akan dilakukan di Gor Wira Bhakti. (fit)