Tingkatkan Sinergitas, Wagub Bali Temui Bupati Thoriq

Lumajang, Motim - Wakil Gubernur Provinsi Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati berkunjung ke Lumajang. Ia menemui Bupati Thoriqul Haq di Peringgitan Pendopo Arya Wiraraja, Rabu (10/4). Dalam kesempatan itu bupati ingin adanya sinergitas yang lebih antara Lumajang dan Bali.
Wagub Bali Temui Bupati
Wagub Bali Temui Bupati
Diketahui, Lumajang dan Bali memang dikenal memiliki hubungan yang baik. Selain karena adanya Pura Mandara Giri Semeru Agung, juga karena adanya ikatan historis. Thoriq ingin melakukan dialog dengan masyarakat dan Pemerintah Bali agar pura dapat digunakan sebagai pusat ibadah umat Hindu seperti yang diharapkan.

Karena Ia keinginannya untuk membangun beberapa fasilitas yang dapat menunjang kenyamanan masyarakat Bali beribadah di pura tersebut. Salah satunya penyediaan lahan parkir dan rest area yang memadai.

“Kami ingin secara kekeluargaan duduk bersama, kami merasa terhormat karena pura ada di wilayah Kab. Lumajang. Kami harus menjaga. Kami harus juga memenuhi keinginan masyarakat Bali,” ucapnya.

Thoriq menilai bahwa kunjungan umat Hindu Bali ke Lumajang merupakan potensi yang dapat mengangkat perekonomian masyarakat sekitar. Diharapkan dengan kunjungan tersebut dapat saling bertukar promosi berbagai produk khas dan wisata yang ada di masing-masing wilayah.

Sementara Wagub Bali menjelaskan bahwa sebenarnya Lumajang dan Bali memiliki kedekatan secara emosional sejak lama. Oleh karena itu, dirinya mengaku setiap datang ke Lumajang seperti datang ke rumahnya sendiri.

Ia juga menyatakan bahwa pihaknya akan berkomitmen membantu pemasaran produk-produk khas Lumajang. Hal itu dibuktikan, dalam beberapa pameran yang diselenggarakan di Bali, Pemerintah Provinsi Bali memberikan stan khusus, untuk memajang produk-produk dari Lumajang. (fit)