Tungku Belum Mati, Rumah di Desa Yosowilangun Kidul Terbakar

Lumajang, Motim - Kebakaran rumah kembali terjadi di Lumajang. Kali ini rumah yang terbakar milik Suhen, yang berada di Dusun Kebonan RT 08 RW 08 Desa Yosowilangun Kidul, Kecamatan Yosowilangun. Penyebabnya adalah tungku di dapur yang belum mati total.
Kebakaran rumah di Desa Yosowilangun Kidul
Kebakaran rumah di Desa Yosowilangun Kidul
Laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), peristiwa itu terjadi pada Rabu (3/4), sore sekira pukul 14.00 WIB. Saat kebakaran, rumah dalam keadaan kosong. Ditinggal pergi oleh pemiliknya.

“Suhen pergi mencari rumput untuk makanan sapi di sawah yang ada di barat rumahnya. Istri Suhen mengantar anaknya mengaji,” kata Wawan Hadi Siswoyo, Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Logistik BPBD Lumajang.

Saat rumah ditinggal itulah, warga di sekitar melihat kepulan asap dari bagian dapur. Warga yang mengetahui ini segera mendekat, ternyata api sudah membakar tumpukan kobot atau bungkus jagung yang kering.

“Api menjalar ke bagian atap serta kandang sapi yang berdekatan dengan dapur tersebut,” ujar Wawan pada Memo Timur.

Agar api tidak semakin membesar, akhirnya warga dengan alat seadanya mencoba memadamkan api tersebut. Diantaranya dengan mengunakan selang dan diesel air untuk mengambil air dari sumur. “Sekitar satu jam akhirnya api berhasil dipadamkan,” jelasnya.

Diduga peyebab munculnya api adalah dari tungku di dapur yang tidak dimatikan secara total. Kemudian ditinggal oleh pemilik rumah. Api membakar kobot yang ada di dekatnya, dan kemudian membesar.

“Tidak ada korban jiwa, namun kerugian material diperkirakan mencapai Rp 9 juta,” ungkapnya.

Pihak BPBD sendiri baru menerima informasi kejadian tersebut pada hari Kamis (4/4) pagi. Pemilik rumah pun masih melakukan bersih-bersih sisa bangunan yang terbakar. Untuk memasak, mereka harus menumpang ke tetangga. (fit)