Warga Resah, Bupati Datangi Peternakan Babi di Dawuhan Lor

Lumajang, Motim - Bupati Lumajang mendatangi langsung tempat peternakan babi di Dusun Duren, Desa Dawuhan Lor, Kecamatan Sukodono, Jumat (12/4) lalu. Warga melapor ke bupati, karena merasa resah dengan keberadaan peternakan tersebut.

Bupati datangi peternakan babi
Bupati datangi peternakan babi.

Keresahan warga itu karena khawatir terhadap dampak kesehatan dan sebagainya dari adanya peternakan itu. Apalagi limbah dari peternakan yang sudah puluhan tahun itu baunya sangat menyengat. Terlebih limbah dibuang di aliran sungai dan tidak dikelola dengan baik.

“Saya sudah lihat langsung tadi di dalam, ternyata benar limbah bau sangat menyengat. Ini pasti mengganggu masyarakat setempat. Saya juga lihat secara langsung, ternyata tempat pembuangan limbahnya juga langsung ke sungai,” ujarnya.

Selanjutnya bupati akan menindak lanjuti kembali persoalan ini dengan pihak pemilik peternakan tersebut. Termasuk soal kelengkapan perizinan. Ia juga akan mempertemukan masyarakat setempat dengan pemilik ternak.

“Saya sudah mendapatkan informasi tadi, bahwa sekian waktu tempat ini tertutup untuk masyarakat, sehingga tidak ada dialog antara peternakan ini dengan masyarakat lingkungan sekitar,” pungkasnya. (fit)