Asisten Pemerintahan: Buruh Ditengah Isu Upah Rendah

Asisten Pemerintahan Susiyanto. (*)
Lumajang, Motim - Asisten Pemerintahan Susiyanto menghadiri menghadiri Peringaan Hari Buruh atau May Day 2019 di Gedung Narawita Agung, Rabu (1/5). Dalam kesempatan itu Ia menyampaikan isu permasalahan yang menimpa para buruh di Indonesia.

Ia menjelaskan, isu tenaga kerja di Indonesia sangat kompleks. Diantaranya seperti upah yang lebih rendah dari upah minimum yang ditetapkan pemerintah. Kemudian jam kerja yang melibihi batas ketentuan.

"Isu-isu itu cukup membuat masyarakat kita resah dan semoga ini tidak terjadi di Lumajang," ujarnya.

Susiyanto pun menekankan, agar para pengusaha di Lumajang dapat tetap memperhitungkan kesejahteraan para pekerjanya. Sebaliknya pekerja hendaknya tidak hanya menuntut Hak. Namun juga diharapkan dapat menunjukkan kinerja yang baik, terampil, kreatif, dan profesional.

"Untuk itu, Pemkab melalui Dinas Tenaga kerja harus menjadi fasilitator, agar keduanya dapat bersinergi dengan baik," ujarnya.

Kapolres Lumajang, AKBP M. Arsal Shahban yang juga datang, menyampaikan pihaknya akan mendukung para pekerja "Kita akan terus dukung dari sisi keamanan" katanya.

Sementara Sekretaris Disnaker Totok Sujarwo mengatakan, dalam peringatan hari buruh, pihaknya bekerjasama dengan berbagai perusahaan. Diantaranya menggelar donor darah dan bursa pasar kerja. (fit)