Baznas akan Salurkan Santunan 500 Anak Yatim dan 200 Abang Becak

Lumajang, Motim - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lumajang terus bekerja maksimal di bulan Ramadhan kali ini dalam menyalurkan zakat. Ada beberapa agenda yang digelar selama bulan yang penuh berkah ini.
Ketua Baznas Lumajang, H. Atok Hasan Sanusi
Ketua Baznas Lumajang, H. Atok Hasan Sanusi
Dalam waktu dekat, Baznas Lumajang akan menyalurkan santunan kepada 500 anak yatim. Selain anak yatim, santunan juga akan diberikan kepada 200 abang becak yang ada di Lumajang tentunya.

Rencananya kegiatan ini akan digelar pekan depan di Pendopo Arya Wiraraja. “Selain penyerahan santunan, anak yatim dan abang becak itu sekaligus akan diajak untuk berbuka puasa bersama di sana,” kata Ketua Baznas, H. Atok Hasan Sanusi, Kamis (23/5).

Bahkan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang, Thoriqul Haq-Indah Amperawati akan diundang untuk hadir dalam acara tersebut. Selain keduanya juga jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Selain itu, di bulan Ramadhan ini Baznas kembali membagikan zakat bagi kaum duafa. Tahun ini, dana yang disalurkan untuk masyarakat Lumajang itu, mencapai Rp 1 miliar. Jadwal pembagian zakat ini dilakukan secara bergilir di 21 kecamatan yang ada di Lumajang.

Setiap penerima zakat, memperoleh Rp 100 ribu. Ada 92 desa/kelurahan yang diprioritaskan oleh Baznas pada Ramadhan tahun ini. Tiap desa/kelurahan, ada 100 duafa yang menerima zakat tersebut.

Selain itu, masih ada 800 lebih penerima lainnya yang dibantu melalui lembaga-lembaga yang mengajukan kepada Baznas. “Jadi totalnya bisa mencapai 10 ribu orang penerima pada Ramadhan kali ini,” ungkapnya. (fit)