Baznas Mulai Bagikan Zakat Rp 1 Miliar untuk Duafa

Baznas mulai bagikan zakat. (*)
Lumajang, Motim - Memasuki bulan Ramadan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lumajang kembali membagikan zakat bagi kaum duafa. Tahun ini, dana yang disalurkan untuk masyarakat Lumajang itu, mencapai Rp 1 miliar.

Kepala Baznas Lumajang H. Atok Sanusi menyampaikan, siapa yang berhak menerima zakat tersebut, adalah mereka dari kalangan duafa seperti janda tua dan mereka yang sudah tidak bekerja lagi.

Jadwal pembagian zakat ini dilakukuakan secara bergilir di 21 kecamatan yang ada di Lumajang. Petugas setiap hari mengunjungi desa/kelurahan. “Jadi warga yang berhak dapat zakat itu, kita undang ke balai desa/kelurahan,” katanya, Senin (13/5).

Setiap penerima zakat, memperoleh Rp 100 ribu. Ada 92 desa/kelurahan yang diprioritaskan oleh Baznas pada ramadan tahun ini. Tiap desa/kelurahan, ada 100 duafa yang menerima zakat tersebut.

“Jadi ada 9.200 penerima,” ucap Atok pada Memo Timur.

Selain itu, masih ada 800 lebih penerima lainnya yang dibantu melalui lembaga-lembaga yang mengajukan kepada Baznas. “Jadi totalnya bisa mencapai 10 ribu orang penerima pada ramadan kali ini,” ungkapnya.

Atok pun berharap zakat yang yang telah diberikan itu, dimanfaatkan betul oleh penerimanya. Diantaranya untuk membeli kebutuhan sehari-hari. “Semoga bisa membantu untuk mencukupi kebutuhan selama ramadan dan jelang hari raya,” pungkasnya. (fit)