Belum Genap Sebulan, PT Bajra Bumi Nusantara kembali Terbakar

Upaya pemadaman oleh petugas. (*)
Lumajang, Motim - Belum genap satu bulan, kebakaran kembali melanda Pabrik Kayu PT Bajra Bumi Nusantara, Senin (13/5). Sebelumnya, peristiwa serupa juga melanda pabrik di Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersuko itu, Sabtu (27/4) lalu.

Informasi dari Satpol PP Lumajang, kebakaran terjadi di ruangan blower. Penyebabnya, percikan api dari hasil pembakaran limbah triplek dari oven manual. Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 13.00 WIB itu pertama kali diketahui salahsatu karyawan yang melihat kepulan asap.

Kemudian Ia melaporkan kejadian ini pada karyawan lain. Kemudian mereka berusaha memadamkan api dengan alat seadanya menggunakan timba. Namun setengah jam setelahnya, api tak kunjung padam. Justru lebih membesar.

Akhirnya pihak perusahaan melapor pada petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang. “Sekitar pukul 14.00 WIB, tim Damkar dan TRC BPBD tiba di lokasi,” kata Kepala Satpol PP Lumajang Drs. Basuni.

Petugas pun langsung melakukan upaya pemadaman secepatnya. Proses pemadaman sempat terhenti sejenak karena air di tangki mobil damkar habis. Setelah lebih dari 3 jam melakukan pemadaman, akhirnya pukul 17.30 WIB api sudah lenyap.

“Akibat kejadian ini, tumpukan triplek setengah jadi hangus terbakar,” ungkapnya. Kerugian material pun diperkirakan mencapai Rp 20 juta. Namun beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini.

Sementara pada kebakaran sebelumnya yang terjadi di ruang oven produksi, disebbkan karena kipas di dalam oven yang tidak kuat menahan suhu. Sehingga terjadi percikan pada oven produksi dan merambat ke kayu-kayu. (fit)