BPD Harus Kawal Kinerja Kepala Desa

Lumajang, Motim - Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) diminta untuk terus mengawal kinerja kepala desa. Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati. Menurutnya BPD adalah mitra pemerintah desa yang harus melakukan pendampingan pada kades.
BPD mengikuti pembekalan
BPD mengikuti pembekalan
“BPD memiliki peran yang penting dalam membangun Desa. Oleh karena itu, tugas BPD hampir sama dengan DPRD,” katanya saat membuka Pembekalan Badan Permusyawaratan Desa di Gedung Guru, Kamis (16/5/).

Indah menegaskan, sebagai mitra, BPD juga harus bisa bersinergi dan berkoordinasi dengan pemerintah desa. Selain itu, BPD memiliki beberapa fungsi lainnya yang harus dijalankan. Yakni membahas dan menyepakati Perdes serta menggali dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

“Saya berharap, kades dan BPD juga dapat terus berkoordinasi untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur Pemdes demi kemajuan desa,” ujarnya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lumajang, Syamsul Arifin mengatakan, bahwa pembekalan tersebut, agar BPD mengetahui lebih dalam fungsi dan tugas pokok yang harus dilakukan.

“Tugas pokok dan fungsi BPD yang sesuai dengan Peraturan Bupati Lumajang no 31 tahun 2017 tentang Badan Permusyawaratan Desa,” ucapnya. (fit)