Diperpanjang 1 Hari, Rekapitulasi Pemilu di Lumajang Rampung

Rekapitulasi Suara. (fit)
Lumajang, Motim - Rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu 2019 tingkat kabupaten di Lumajang akhirnya berhasil dirampungkan, Rabu (1/5). Sekitar pukul 15.45 WIB, semua data dari 21 kecamatan sudah masuk dan disetujui dalam rapat pleno yang digelar di Gor Wira Bhakti itu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang menjadwal, proses rekapitulasi itu dilaksanakan selama 2 hari. Namun waktu tersebut tidak cukup, akhirnya perlu diperpanjang 1 hari. Karena di hari kedua, masih menyisahkan sejumlah kecamatan.

“Kita tawarkan di rapat pleno setelah ada usulan agar rekapitulasi dilanjutkan hari ini (Rabu). Semua sepakat,” kata Syamsul, salah satu Komisioner KPU.

Ia juga menegaskan, sesuai jadwal dari pusat, rapat pleno terbuka paling lambat digelar sampai 4 Mei mendatang. Namun KPU Lumajang memperkirakan dalam 2 hari bisa selesai. “Tetapi tidak sesuai estimasi. Bukan molor,” ungkapnya.

Dengan penambahan waktu 1 hari itu, artinya membuat anggaran yang dikeluarkan lebih besar dibandingkan jika selesai 2 hari. “Iya. Tapi kita revisi anggaran. Boleh, gak ada masalah. Karena kondisi darurat. Kita sudah laporan ke Provinsi. Asalkan kegiatannya sama gak ada masalah”, ungkapnya.

Informasi yang dihimpun, setelah rekapitulasi selesai dan hasilnya ditanda tangani oleh saksi–saksi. “Kemudian nanti kita serahkan ke Bawaslu. Kita juga sampaikan ke KPU Provinsi Jatim,” pungkasnya. (fit)