Harga Sembako di Lumajang Terpantau Relatif Stabil

Sembako.
Lumajang, Motim - Mendekati pertengahan Bulan Ramadan, harga sembako di pasar yang ada di Lumajang terpantau stabil. Meski sebelumnya ada kelonjakan harga pada bawang putih, namun saat ini harga sudah menurun.

“Sementara harganya sudah terapantau aman,” kata Kepala Sekretaris Dinas Perdagangan Aziz Fahrurrozi, Rabu (15/5).

Seperti diketahui, sebelumnya hara bawang putih menembus Rp 60 ribu perkilogram. Kemudian harga tersu mengalami penurunan. Saat ini harga berada di kisaran RP 35 ribu perkilogram. “Harga tertinggi Rp 38 ribu,” ungkapnya.

Sementara untuk harga lainnya, beras medium Rp 9.500 perkilogram, beras premium Rp 10 ribu perkilogram, kedelai Rp 7 ribu perkilogram, cabai merah Rp 26 ribu perkilogram, cabai rawit, Rp 18 ribu perkilogram.

Sementara bawang merah Rp 22 ribu perkilogram, daging sapi Rp 12 ribu perkilogram, daging ayam ras Rp 30 ribu perkilogram, telur ayam ras Rp 22 ribu perkilogram. Dindag pun harga ini bisa bertahan.

“Semoga tidak ada kelonjakan harga lagi,” ujar Aziz.

Dalam waktu dekat, Dindag juga akan melakukan operasi pasar. Diharapkan dapat menekan harga kebutuhan pokok. Agar bisa kembali menjadi normal seperti sebelum memasuki bulan puasa. Karena diprediksi kenaikan bakal terus terjadi hingga lebaran nantinya. (fit)