Harkitnas ke-111: Ayo Bangkit dan Bersatu!

Ziarah ke Taman Makam Pahlawan. (*)
Lumajang, Motim - Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 di Lumajang diawali dengan kegiatan ziarah di Taman Makam Pahlawan, Senin (20/5) pagi. Kemudian dilanjutkan dengan upacara di Alun-Alun Lumajang.

Bupati Thoriqul Haq bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam kesemptan itu Ia menyampaikan pesan penting mengenai Harkitnas. Menurutnya, Harkitnas adalah momentum untuk kebangkitan dan persatuan bagi bangsa Indonesia.

“Seraya mengajak agar kita semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong–royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global. Indonesia Bangkit, Indonesia Bersatu,” ujarnya.

Sesui dengan tema Harkitnas kali ini yang diusung ‘Bangkit Untuk Bersatu’. Artinya, bahwa Indonesia akan bangkit menjadi bangsa yang lebih besar. Apabila masyarakatnya senantiasa menjaga suasana selalu kondusif penuh harmoni dan persatuan.

“Dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan, ditingkah bentang geografis yang merupakan salah satu yang paling ekstrem di dunia, kita membuktikan bahwa mampu menjaga persatuan sampai detik ini,” terangnya.

Sementara ziara di TMP juga dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Tabur bunga dilakukan oleh bupati, wakil bupati, sekda, kapolres, dandim, dan semua peserta ziarah lainnya. (fit)