Hasil UN SMA Meningkat, Siswi Smada Peringkat 1 Jatim

Drs Luthfi Isa Anshori. (fit) 
Lumajang, Motim - Hasil Ujian Nasional SMA sudah diumumkan. Untuk Lumajang, ada peningkatan nilai jika dibandingkan dengan sebelumnya. Bahkan salahsatu siswi SMAN 2 Lumajang (Smada) menjadi peraih nilai UNBK terbaik IPS se-Jawa Timur.

“Secara umum Lumajang sangat bagus bagi saya. Untuk nilai, yang jelas dibawah 55 semakin sedikit. Berarti ada peningkatan,” kata Drs Luthfi Isa Anshori, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jember yang meliputi Lumajang, Senin (13/5).

Siswi Smada bernama Wahidah Mumtahanah itu medapatkan total nilai 393,0 dan menjadikannya nomor 1 di Jatim tentunya. Kemudian secara lembaga, Smada mampu masuk 10 besar nilai rata-rata terbaik UNBK IPS SMAN se-Jawa Timur.

Smada berhasil meduduki peringkat 9 dengan nilai rata-rata 77,91. Dengan nilai sebesar itu, artinya Smada mampu bersaing dengan SMA terbaik lainnya seperti dari Surabaya, Bojonegoro, Malang, dan Tuban.

Meski ada peningkatan nilai, namun untuk hasil nilai per kabupaten/kota di Jawa Timur, Lumajang masih berada di papan menengah kebawah. “Untuk IPS kita peringkat 27 dari 38 kabupaten/kota, sementara IPA di peringkat 25,” ucap Luthfi pada wartawan.

Sementara Kepala Sekolah SMAN 2 M. Asyari mengaku bangga dengan capaian anak didiknya. Apalgi sebelumnya untuk IPS belum pernah menembus 10 besar Jatim. “IPS ini langka, sebelumnya belum masuk. Kalau IPA, dua tahun lalu pernah peringkat 5 Jatim,” ujarnya.

Apalagi secara individu, untuk IPA tidak pernah bisa menembus peringkat 1. Sedangkan IPS kali ini bisa menjadi yang terbaik se-Jatim. Ia menyampaikan, ada formula khusus sehingga nilai UNBK tahun ini ada peningkatan.

“Diantaranya dengan adanya tambahan waktu pelajaran, pembinaan pada anak-anak. Pada masa kelas X dan XI, ada anak-anak yang sudah mewakili lomba dimana-mana. Hingga tingkat nasional,” ungkapnya. (fit)