ITS Bantu Lumajang Kembangkan Smart City

Lumajang, Motim - Pemkab Lumajang bekerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) untuk pengembangan Smart City di Lumajang. Kerjasama sudah diteken oleh Bupati Thoriqul Haq dan Rektor ITS, Selasa (21/5) di Surabaya.
Bupati kerjasasama dengan ITS
Bupati kerjasasama dengan ITS
Bupati menyampaikan beberapa hal yang potensial untuk dikembangkan. Diantaranya pengolahan produk pertanian untuk meningkatkan nilai jual. Kemudian sistem pengukuran data penambangan yang akurat di terminal induk pasir.

“Sehingga dapat diketahui secara pasti lalu lintas pasir yang keluar dari Lumajang,” katanya.

Selanjutnya, layanan pengaduan yang terintegrasi, terutama di bidang kesehatan dan administrasi kependudukan. Juga masalah penanganan tata kelola sampah dan terakhir penataan kawasan pariwisata.

“Lumajang juga akan menjadi laboratorium dalam menerapkan hasil kajian-kajian akademis di ITS,” terangnya.

Rektor ITS, Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng., menyambut baik rencana kerja sama ini. Dari sisi teknologi dan SDM, ITS memiliki banyak program yang sesuai dengan cita-cita pengembangan Lumajang.

“ITS juga siap membantu Lumajang dalam pengelolaan Dana Desa melalui pendampingan proses perencanaan hingga pelaksanaan agar dana desa dapat lebih bermanfaat bagi desa,” ujarnya. (*/fit)