Jalur Pendakian Gunung Semeru Kembali Dibuka

Gunung Semeru.
Lumajang, Motim - Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) kembali membuka jalur pendakian Gunung Semeru pada Minggu, (12/5). Sebelumnya jalur ditutup sementara sejak 3 Januari lalu, karena melihat cuaca yang ekstrem.

TNBS pun sudah mengeluarkan pengumuman resmi terkait pembukaan jalur tersebut. "Iya benar, sudah ada pengumuman resmi dari TNBS," kata Kepala Bidang Kesiapsiagaan, Kedaruratan dan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi Siswoyo.

Wawan menambahkan, pembukaan jalur ini sesuai hasil koordinasi yang telah dilakukan oleh TNBTS dengan pihak terkait lainnya yang digelar di Lumajang pada April lalu. Termasuk dengan BPBD Lumajang.

Namun batas pendakian yang diperbolehkan hanya sampai Pos Kalimati saja. Hal ini sesuai dengan rekomendasi dari Pusat Volkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Semeru di Gunung Sawur.

"Kita harapkan para pendaki bisa meatuhi peraturan tersebut," ucapnya. Bagi para pendaki yang berminat untuk mendaki Semeru, bisa melalukan pendaftaran secara online melalui situs resmi TNBTS.

Meksi dibuka disaat Bulan Ramadan, diprediksi jumlah pendaki juga akan tetap banyak. Pihaknya juga siap siapa dan terus melakukan koordinasi dengan TNBS. “Iya tetap banyak,” pungkasnya. (fit)