Kondisi Beringin di Alun-alun Memburuk, Pemulihan Dilakukan

Kondisi pohon beringin di Alun-alun Lumajang.
Lumajang, Motim - Kondisi pohon beringin yang berada di tengah Alun-alun Lumajang memburuk. Jika dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya, daunnya saat itu sangat terlihat rimbun. Namun saat ini, kerimbunannya sudah berkurang.

Kondisi seperti ini bahkan menjadi sororan dari Bupati Thoriqul Haq. Ia prihatin melihat beringin yang sudah berusia 100 tahun lebih itu. Apalagi sudah menjadi salahsatu ikon Alun-alun dan juga Lumajang tentunya.

Bupati pun sudah memperintahkan instansi terkait agar segera melakukan upaya maksimal untuk memulihkan pohon tersebut. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lumajang pun langsung bergerak untuk melakukan pemulihan.

“Upaya yang kami lakukan diantaranya melakukan pemupukan. Membuat lubang lubang untuk memasukkan pupuk dan vitamin akar,” kata Pelaksana Tugas Kepala DLH Lumajang Yuli Harismawati pada Memo Timur, Jumat (10/5).

Karena hasil identifikasi yang dilakukan DLH, Akar beringin yang ada didalam tanah tidak bisa berfungsi, terganggu bangunan disekitarnya. “Akar beringin yang didalam tanah juga tidak bisa leluasa menyerap air. Karena bangunan lantai batu lempeng sekitar beringin,” urainya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan antisipasi lain agar kondisi pohon tersebut tidak kian memburuk. Salahsatunya dengan mematikan air mancur yang berada disekitarnya. Karena diduga menjadi salahsatu penyebab yang menganggu pertumbuhan pohon itu.

“Untuk antisipasi ini, air mancur dibawah beringin kita matikan,” ujarnya.

Air mancur yang mengenai akar gantung, berdampak pada fungsi respirasi. “Cipratan air mancur yang mengenai akar gantung, sehingga akar gantung yang fungsinya untuk respirasi atau bernafas menjadi terganggu,” terangnya.

Sehingga, kata Yuli, tak sedikit akar gantung yang kemudian membusuk. “Padahal akar gantung tersebut selain untuk bernafas juga menyerap udara dan air dari dalam tanah. Karena akar gantung kalau menjuntai ke tanah akan menjadi bagian dari batang,” pungkasnya. (fit)